Tidak Puasa Ramadhan Dengan Sengaja

0
582

Tidak Puasa Ramadhan Dengan Sengaja

ANCAMAN MENINGGALKAN PUASA RAMADHAN TANPA UDZUR (ALASAN)

Puasa Ramadhân merupakan salah satu dari rukun Islam yang lima, maka orang yang meninggalkannya atau meremehkannya akan mendapatkan siksa yang pedih di akhirat.
Di antara hadits dan riwayat tentang bab ini adalah

Dari Abu Umâmah al-Bâhili, dia berkata: Aku mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ketika aku sedang tidur, tiba-tiba ada dua laki-laki yang mendatangiku, keduanya memegangi kedua lenganku, kemudian membawaku ke sebuah gunung terjal. Keduanya berkata kepadaku, “Naiklah!” Aku menjawab, “Aku tidak mampu”. Keduanya berkata, “Kami akan memudahkannya untukmu”. Maka aku naik. Ketika aku berada di tengah gunung itu, tiba-tiba aku mendengar suara-suara yang keras, maka aku bertanya, “Suara apa itu?” Mereka menjawab, “Itu teriakan penduduk neraka”. Kemudian aku dibawa, tiba-tiba aku melihat sekelompok orang tergantung (terbalik) dengan urat-urat kaki mereka (di sebelah atas), ujung-ujung mulut mereka sobek mengalirkan darah. Aku bertanya, “Mereka itu siapa?” Mereka menjawab, “Meraka adalah orang-orang yang berbuka puasa sebelum waktunya”.

[HR. Nasâ’i dalam as-Sunan al-Kubra, no. 3273; Ibnu Hibbân; Ibnu Khuzaimah; al-Baihaqi, 4/216; al-Hâkim, no. 1568; ath-Thabarani dalam Mu’jamul Kabîr. Dishahihkan oleh al-Hâkim, adz-Dzahabi, al-Haitsami. Lihat: al-Jâmi’ li Ahkâmis Shiyâm, 1/60]


Sumber:
Artikel almanhaj.or.id
https://almanhaj.or.id/4174-meninggalkan-puasa-ramadhan-termasuk-dosa-besar.html

Dipublish ulang oleh:
thestrangersalghuroba.com


Catch Us:
Telegram: @thestrangers
Twitter: @thestrangers_mt
IG: @thestrangersalghuroba
FB Page: The Strangers Al Ghuroba Majelis Talim
Youtube: The Strangers Al Ghuroba
Website: thestrangersalghuroba.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here